Home   Lantai Tegel Lantai Tegel Terramix Motif Talavera

Lantai Tegel Terramix Motif Talavera

Tegel merupakan salah satu legasi budaya yang hingga kini masih banyak dikagumi dan diminati penggunaannya. Penggemar tegel juga biasanya bukan orang sembarangan, melainkan mereka yang betul-betul menyukai model-model rumah klasik atau vintage. Apalagi, Lantai Tegel Terramix kini memiliki pilihan motif yang beragam. Salah satunya yang sedang digandrungi banyak pecinta tegel adalah motif tegel klasik dengan paduan warna-warni cerah yang sangat chic. Paduan warnanya bahkan bisa sampai tiga warna atau lebih dalam satu desain tegel.

Seseorang yang sangat menyukai desain etnik mungkin akan menyukai Lantai Tegel Terramix dengan motif semacam ini. Memang motif semacam ini bukan asli berasal dari Indonesia, meski banyak sekali produsen lokal yang membuat motif ini. Aslinya, motif ini berasal dari daratan Amerika Utara, tepatnya Meksiko. Nama motif ini adalah Talavera yang merupakan khas dari daerah Meksiko, yaitu penuh warna dan memiliki motif yang acak.

Asal Mula Munculnya Motif Lantai Tegel Terramix Talavera

lantai-tegel-terramix

Lantai Tegel Terramix

Bicara tentang asal mula munculnya motif Talavera di Indonesia sendiri tidak terlepas dari adopsi berbagai motif yang berkembang. Di mana, sebetulnya dasar motif Talavera sendiri bukan murni berasal dari Meksiko. Motif ini banyak dipengaruh dari motif-motif Eropa, tepatnya negara Spanyol pada masa kolonial.

Pada masa itu, pengrajin tembikar di Spanyol sangat produktif dan banyak menggunakan corak-corak yang mengadopsi dari perantau asal Arab, Italia, hingga Cina. Maka tak heran jika motif keramik Talavera Spanyol berisi perpaduan warna biru dan putih yang berasal dari Cina dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kultur Spanyol, kemudian pemilihan materialnya dari Arab. Sedangkan, teknik pembuatannya mengadopsi cara-cara tradisional Italia.

Penamaan Talavera sendiri berasal dari sebuah wilayah di daerah Spanyol bernama Talavera de la Reina yang merupakan sebuah kota di pedalaman Spanyol. Talavera de la Reina termasuk kota terbesar ke dua di Toledo yang kotanya dibelah dua oleh Sungai Tagus.

Pada masa kolonial, para pengrajin Spanyol didatangkan dari daerah ini untuk mengajari penduduk Meksiko membuat tembikar dengan kualitas terbaik, termasuk cara membuat tegel. Sebab, lantai tegel terramix dengan motif Talavera memang dinilai memiliki kualitas dan motif yang paling bagus, karena dilapisi dengan lapisan mengkilap dan memiliki ketahanan yang kuat. Sejak saat itulah motif Talavera mulai dikenal di seluruh Meksiko, bahkan dunia mengenal motif ini berasal dari Meksiko, bukan berasal dari Spanyol.

Meski berasal dari akar yang sama, motif tegel telavera asal Spanyol dan Meksiko memiliki perbedaan yang cukup jelas terlihat. Motif talavera Spanyol lebih terkesan klasik dengan paduan warna putih dan bitu. Motifnya juga lebih menggambarkan objek-objek yang banyak dipengaruhi oleh kepercayaan setempat.

Sementara itu, talavera Meksiko yang mulanya memiliki motif sama seperti talavera Spanyol, kini lebih bercorak ragam dengan menampilkan objek natural, seperti tanaman dan binatang khas Meksiko sebagai objeknya. Selain itu, warna tegel talavera Meksiko juga lebih cerah dan terdiri dari dimensi warna yang beragam, seperti biru, putih, kuning, merah, oranye, dan sebagainya.

lantai-tegel-terramix-motif

Lantai Tegel Terramix Motif

Sama seperti sejarah tegel di Indonesia, mulanya tegel juga digunakan untuk bangunan-bangunan khusus di daerah asalnya, seperti gereja dan biara. Namun, setelah berpindah pabrik di Puebla yang merupakan tempat dengan tanah berkualitas, para pendeta meminta agar penduduk secara luas juga bisa diajari membuat tegel yang memiliki kualitas baik. Dengan begitu, masyarakat sekitar juga bisa merasakan kemakmuran karena produksi tembikar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Lantai Tegel Terramix dengan motif Talavera, silahkan hubungi kami melalui Whatsapp/Mobile Phone : +62 853-3690-6433 (Putri) atau email : info@dw-corporation.com

Lantai Tegel Terramix Motif Talavera

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*