Home   Amanjiwo Desain Rumah Minimalis dengan Batu Alam Banjarmasin

Desain Rumah Minimalis dengan Batu Alam Banjarmasin

Batu Alam Banjarmasin merupakan material untuk percantik tampilan bangunan menjadi lebih eksotis. Batu Alam Banjarmasin dapat diproduksi oleh Stone Depot. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan Ragam Batu Alam Banjarmasin, silahkan kontak langsung customer service kami dengan klik Whatsapp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) or email: marketing@dw-corporation.com

Harga tanah yang semakin mahal membuat rumah dengan desain minimalis semakin diminati dewasa ini. Pasalnya, rumah minimalis memungkinkan penghuninya untuk tinggal dengan nyaman di bangunan rumah dengan ukuran yang tidak begitu luas. Rumah minimalis juga tidak membutuhkan terlalu banyak perabotan atau furnitur sehingga anggaran dapat lebih dihemat.

Dengan kepopuleran rumah minimalis, desain rumah dengan konsep ini pun semakin bervariasi. Contohnya desain rumah minimalis yang menggunakan batu alam Banjarmasin sebagai salah satu materialnya.

Jenis Batu Alam                          

Ada banyak jenis batu alam yang dapat ditemukan di Banjarmasin seperti batu koral, batu andesit, batu granit, batu palimanan, batu paras, batu candi, batu templek, dan banyak lagi.

Batu Koral Sikat

batu-koral-sikat-carport-rumah-tropis-minimalis

Penggunaan batu koral sikat untuk carport rumah tropis minimalis

Batu koral sikat adalah salah satu jenis batu alam yang cocok digunakan sebagai material rumah minimalis. Batu alam ini disebut batu koral sikat, bahkan terkadang hanya disebut batu sikat karena dalam pemasangannya, batu ini akan disikat sebagai proses finishing agar tampilannya lebih menarik dan menonjol.

Dengan ukurannya yang kecil-kecil, batu alam ini biasanya dikombinasikan dengan semen cetak dalam proses pemasangannya. Batu koral sikat biasanya digunakan sebagai pelapis lantai pada eksterior rumah, misalnya pada lantai carport.

Batu Andesit

batu-alam-andesit-carport-rumah-minimalis

Penggunaan batu alam andesit untuk carport rumah minimalis

Batu andesit merupakan batu alam yang bertekstur padat, keras, dan tahan terhadap goresan. Karena itulah batu alam yang satu ini biasa digunakan untuk membuat pagar, pilar, lantai, dan juga kolam pada bangunan rumah minimalis.

Dengan karakteristik tersebut, batu alam yang berwarna abu-abu kehitaman, kecoklatan, dan kehijauan ini dapat digunakan pada bagian interior maupun eksterior rumah. Namun, batu andesit umumnya digunakan pada bagian eksterior hunian termasuk pada bagian lantai carport karena sifatnya yang kuat, tahan gores, dan cenderung tidak mudah ditumbuhi lumut.

Batu Paras

batu-paras-jogja-dinding-sofitel-nusa-dua-bali

Penggunaan batu alam paras jogja untuk dinding bangunan di Sofitel Nusa Dua, Bali

Batu paras atau lebih tepatnya batu paras Jogja adalah batu alam yang berwarna putih dan krem, berbeda dengan jenis batu alam lain yang warnanya cenderung gelap. Batu alam jenis ini memiliki tekstur yang keras dan berpori sehingga lebih mudah menyerap air dan ditumbuhi lumut dibanding batu andesit.

Artinya, batu alam jenis ini kurang direkomendasikan untuk dijadikan material eksterior rumah minimalis. Meski begitu, batu paras banyak digunakan sebagai pelapis dinding rumah bagian luar, pilar, bahkan pagar. Untuk mencegah agar batu tidak cepat ditumbuhi lumut, batu paras perlu diberi coating.

Batu Palimanan

batu-palimanan-dinding-sofitel-nusa-dua-bali

Penggunaan batu alam palimanan untuk dinding eksterior di Sofitel Nusa Dua, Bali

Batu Palimanan memiliki warna yang cerah seperti halnya batu paras, yaitu berwarna krem dengan corak khas berwarna cokelat. Namun, tidak seperti batu paras yang teksturnya keras, batu Palimanan termasuk batu alam yang rapuh dan berpori. Oleh karena itulah batu alam jenis ini termasuk salah satu yang paling mudah dibentuk.

Dengan karakteristiknya itu, batu Palimanan juga kurang cocok dijadikan sebagai material untuk eksterior rumah meski dalam aplikasinya banyak yang menggunakan batu alam ini untuk eksterior, yaitu untuk dinding dan pilar rumah.

Batu candi

batu-candi-hitam-dinding-sofitel-nusa-dua-bali

Penggunaan batu alam candi untuk dinding eksterior bangunan

Batu candi merupakan batu alam yang biasa digunakan untuk membangun candi dan stupa pada zaman dahulu. Oleh karena itulah batu alam yang berasal dari pembekuan lava gunung berapi ini disebut batu candi. Batu alam ini memiliki pori-pori yang besar sehingga lebih mudah menyerap air. Akibatnya, batu ini dapat memberikan kesejukan pada bangunan tetapi juga lebih mudah berlumut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Batu Alam Banjarmasin dari Stone Depot, silahkan hubungi customer service kami dengan klik Whatsapp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) or email: marketing@dw-corporation.com

Desain Rumah Minimalis dengan Batu Alam Banjarmasin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*