Home   batu candi hitam Batu Candi Hitam – Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Penggunaan Batu Candi untuk Bangunan

Batu Candi Hitam – Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Penggunaan Batu Candi untuk Bangunan

Untuk menambah kesan alami pada hunian, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan batu candi hitam di beberapa sudut rumah. Bersama dengan batu andesit, variasi batu candi ini juga termasuk dalam kelompok batu alam yang disebut lavastone, yakni batu alam yang terbentuk dari lava gunung berapi yang telah mengalami pengerasan (pembekuan) akibat penurunan suhu. Kedua jenis batu ini pun sama-sama memiliki tekstur yang keras dan kuat, tetapi ukuran pori-pori menjadi salah satu hal yang membedakan. Jika batu andesit memiliki ukuran pori-pori yang relatif kecil, maka batu candi mempunyai ukuran pori-pori yang relatif lebih besar sehingga lebih besar pula kemungkinan ditumbuhi lumut dan jamur di permukaannya.

batu-candi-hitam

Batu Candi Hitam – Produk Batu Alam Stone Depot

Karakteristik Batu Candi Hitam – Tahan Hingga Berabad- abad Lamanya

Penggunaan batu candi hitam sendiri sebenarnya juga sudah sangat lama. Seperti yang dapat Anda perkirakan, bebatuan ini juga banyak diaplikasikan pada bangunan candi bersejarah seperti Candi Mendut, Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan lain-lain. Tak hanya itu, material ini juga banyak digunakan untuk membuat patung sebagai simbol sesuai kepercayaan pada masa itu. Adapun jika dilihat dari sisi ketahanannya, batuan candi hitam memiliki kualitas yang cukup baik. Anda tentu dapat menilainya sendiri dari kondisi candi dan peninggalan lainnya yang telah berusia ratusan tahun yang masih apik hingga saat ini (terlepas dari adanya bencana alam yang menyebabkan kerusakan pada bangunan maupun objek lain).

candi-hitam-jogja

Candi Hitam Jogja – Penggunaan Batu Candi Sebagai Bangunan Populer Dunia

Tren penggunaan jenis batu alami ini pun terus berlanjut hingga kini. Hanya saja, batu candi hitam yang dulunya digunakan sebagai bahan utama sehingga menjadikan bangunan kokoh kini lebih banyak digunakan sebagai bahan tambahan. Saat ini batu candi berwarna hitam ini digunakan sebagai material tambahan seperti penghias bangunan untuk mempercantik tampilan, terutama untuk bagian eksterior. Hal ini tak lain dikarenakan sifatnya yang keras, kuat, dan padat. Walau demikian, Anda juga dapat menggunakan batu candi untuk beberapa keperluan lain seperti pada pilar atau lantai kamar mandi, lantai teras, dan dapur. Adapun selain natural dan sejuk, kesan lain yang dihasilkan dari penggunaan batu ini pada hunian adalah elegan.

batu-candi-bali

Batu Candi Hitam Bali – Photo Courtesy of Holiday Inn Resort, Bali

Bila ingin menggunakan batu candi hitam, pastikan Anda juga sudah mempersiapkan beberapa hal. Untuk mengantisipasi tumbuhnya jamur atau lumut pada permukaan batu misalnya, lakukan coating setiap 6 hingga 12 bulan sekali. Perawatan ini juga dapat menjaga kealamian serta ketegasan permukaan batu. Selain itu, pastikan pula Anda memilih batu yang berkualitas seperti di Stone Depot. Kami telah berpengalaman dalam menyediakan berbagai material terbaik untuk mempercantik hunian atau bangunan ke lebih dari 50 negara di lima benua sejak 2005. Karena itulah, Anda yang mencari batu alami jenis candi hitam dalam berbagai ukuran—termasuk dalam bentuk patung sekalipun—tak perlu ragu untuk menggunakan produk kami.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Batu Candi Hitam, silahkan hubungi tim ahli kami melalui Whatsapp / Mobile phone : +62 819-0988-0999 (Willy) atau email di info@dw-corporation.com

Sejarah Batu Candi Hitam – Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Penggunaan Batu Candi untuk Bangunan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*