Home   Artikel Dinding Batu Alam – Ragam Dinding Batu Alam Di Indonesia

Dinding Batu Alam – Ragam Dinding Batu Alam Di Indonesia

Kebanyakan tipe rumah di Indonesiamenggunakan satu lapisan dinding saja. Berbeda dengan kebanyakan tipe rumah di Eropa dan Amerika yang biasanya memiliki dua lapisan dinding sehingga melindungi sisi dalam rumah dari panas dan dinginnya udara di luar. Untuk membuat bagian dalam rumah menjadi lebih sejuk di musim panas dan lebih hangat pada musim dingin pemilik rumah kemudian menggunakan batu-batuan alam sebagai dinding. Di Indonesia rumah dengan dinding batu alam biasanya dapat ditemukan di daerah pegunungan yang memang memiliki hawa dingin. Dengan dinding dari batu alam para penghuni rumah akan terlindungi dari menusuknya dingin daerah pegunungan begitu juga dengan dinding dalam yang tidak akan basah jika air hujan mengenai dinding bagian luar.

Masyarakat jaman dulu menggunakan batu-batu alam dan kemudian menyusunnya menjadi dinding-dinding rumah. Namun teknik ini terkadang jika tidak dilakukan dengan hati-hati akan membuat dinding menjadi retak bahkan rumah menjadi hancur setelah beberapa lama. Dalam menggunakan teknik ini, tanah harus dipastikan kuat untuk menyangga beban batu alam yang disusun menjadi dinding. Untuk itulah di jaman yang lebih modern para pemilik rumah tidak langsung menyusun batu-batu alam sebagai dinding melainkan membelahnya kemudian menempelnya ke dinding yang terbuat dari bata atau batako yang telah diplester. Dinding batu alam dalam kasus ini tetap akan berfungsi untuk melindungi bagian dalam rumah dari panas dan dingin yang menyengat.

Selain fungsi di atas, batu-batu alam yang diaplikasikan pada dinding akan memberi sentuhan elegan yang hangat. Tidak hanya dinding bagian luar, dinding bagian dalam seperti kamar mandi juga bisa diaplikasikan dengan berbagai macam batuan alam. Dinding batu alam pada kamar mandi atau kamar tidur menciptakan nuansa tersendiri bak menggabungkan suasana romantis dan ekslusif yang tidak mudah di dapatkan. Warna serta jenis batu-batu alam yang digunakan akan memberikan efek yang berbeda pada rumah. Untuk itu sebelum mulai mengaplikasikan batu alam pada dinding rumah sebaiknya berkonsultasilah dengan pakarnya terlebih dahulu atau berhati-hati dalam memilih jenis dan warna batu.

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam batu-batu alam yang bisa digunakan sebagai dinding. Lime stone atau batu kapur yang teksturnya kasar adalah pilihan banyak orang Indonesia untuk dinding batu alam. Batu jenis ini dapat ditemukan di Gunung Kidul Jawa Tengah, Tulungagung Jawa Timur, dan daerah lainnya. Batu kapur memiliki warna dasar krem tetapi jenis batu ini dapat di cat dengan berbagai macam warna sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau selera pemilik rumah. Pilihan batu yang lain adalah batu lava atau batu gunung berapi. Selain digunakan pada lantai taman, batu lava juga digunakan pada dinding rumah.

Semoga bermanfaat…..

Jika anda ingin mendapatkan harga batu andesit murah kualitas ekspor dengan harga pabrik silahkan Hubungi kami di Hotline 0231 8300496 atau 0815 7857 5809 (Willy Setiawan). Pin BB: 2205EE9B.

Share on Facebook
Post to Google Buzz

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*