Home   Artikel Batu Andesit – Mengintip Cara Penambangan Bahan Baku Batu Andesit di Cirebon

Batu Andesit – Mengintip Cara Penambangan Bahan Baku Batu Andesit di Cirebon

Batu Andesit - Cara Pengambilan Bahan Baku Batu AndesitBatu Andesit saat ini adalah batu alam yang banyak digunakan akhir-akhir ini sehingga banyak yang mengatakan bahwa batu ini cukup menjadi primadona di kalangan kontraktor. Wajar saja jika batu andesit banyak diminati karena struktur batu ini sangat keras hampir mirip dengan granit namun harga nya jauh lebih murah daripada batu alam granit. Karena strukturnya yang keras batu alam ini sangat jauh dari risiko terkena lumut yang menjadi momok bagi pencinta batu alam. Lumut atau jamur umumnya dapat tumbuh di segala media namun media yang memiliki struktur tanah lah yang paling cepat ditumbuhi lumut. Berbeda hal nya dengan batu andesit karena batu ini memiliki struktur yang lebih keras sehingga sangat sulit ditumbuhi lumut.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana batu andesit ditambang karena saya belum pernah melihat artikel yang memaparkan secara detail tentang bagaimana batu andesit di explore. Dengan adanya artikel ini anda semakin yakin bahwa batu alam ini benar-benar didapatkan secara alami dan bukan merupakan cetakan mesin. Hal ini sekaligus untuk menjawab banyak pertanyaan dari konsumen kami yang menanyakan apa beda batu alam dengan keramik buatan. Artikel ini juga akan membuat kita tahu bahwa batu alam diambil tanpa merusak ekosistem yang sudah ada sehingga tidak menimbulkan dampak kerusakan lingkungan akibat eksplorasi ini.

Secara geografis batu andesit banyak ditemukan di daerah gugusan gunung berapi yang umum nya terdapat di pulau jawa. Untuk wilayah jawa barat batu alam ini dapat di temui di wilayah cirebon sehingga banyak yang menyebut sebagai batu cirebon atau batu andesit cirebon. Wilayah cirebon dan majalengka merupakan wilayah perbukitan dengan gugusan gunung ciremai sehingga banyak bukit yang mengandung batu alam. Batu alam ini di tambang di daerah perbukitan dimana struktur tanah nya padas atau keras sehingga sulit sekali tanaman tumbuh di daerah itu, seperti yang dapat anda lihat di gambar di atas.

Batu andesit di tambang dari bawah tanah seolah olah digali dari bawah tanah. Padahal tanah yang digali merupakan tanah yang ada di perbukitan yang mengandung struktur batu andesit dalam lapisan tanahnya. Batu andesit di daerah ini digali secara manual dengan menggunakan linggis lalu di bentuk persegi dan kemudian dibawa dengan menggunakan truk untuk kemudian didistribusikan ke pabrik-pabrik pemotongan batu alam termasuk pabrik kami. Karena batu alam jenis andesit ini cukup keras maka proses pengambilan nya cukup membutuhkan waktu dan kekerasan ini mempengaruhi density (berat) batu alam ini. Proses loading atau muat ke truk pengamkut juga cukup membutuhkan waktu. Jangan dibayangkan bahwa proses muat nya dengan digotong oleh orang yang tentunya mustahil dilakukan. Proses muat nya dilakukan dengan alat ungkit linggis dan dipindahkan perlahan-lahan.

Jika anda ingin mendapatkan harga batu andesit murah dengan harga pabrik silahkan Hubungi kami di Hotline 0231 8494301 atau 0815 7857 5809 (Willy Setiawan). Pin BB: 2205EE9B.

Share on Facebook
Post to Google Buzz

 

42 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*