Home   Blog Batu Alam Untuk Dinding- Tips Memasang Batu Alam Dengan Pola Ukuran Beragam (Pola French Pattern)

Batu Alam Untuk Dinding- Tips Memasang Batu Alam Dengan Pola Ukuran Beragam (Pola French Pattern)

Memasang batu alam untuk dinding adalah seni tersendiri, tidak seperti matterial pada umum nya yang terkesan kaku. Batu alam adalah unsur alam yang menjadikan suatu obyek yang dilapisinya menjadi terlihat alami. Pada artikel ini saya akan berbagi tips bagaimana membuat pola pemasangan batu alam untuk dinding dengan menggunakan beberapa ukuran berbeda. Pola pemasangan ini dikenal juga dengan nama French Pattern.

Kebanyakan orang memasang batu alam dengan ukuran sejenis pada sebuah bidang terutama dinding bangunan. Namun terkadang pola pemasangan dengan ukuran sejenis sangat umum dan kurang unik. Ada baik nya kita coba cara lain sehingga rumah kita menjadi lebih berbeda dengan rumah yang lain.

Pola pemasangan batu alam untuk dinding dengan ukuran beragam (french pattern) menggunakan batu alam RTM (Rata Mesin) maupun RTA (Rata Alam) dengan 4 ukuran berbeda sebagai berikut:
- 20×30 cm
- 20×20 cm
- 10×20 cm
- 10×10 cm

Adapun untuk pola nya anda dapat mengikuti gambar pola sebagai berikut:

Adapun jenis batu alam untuk dinding yang dapat digunakan untuk pola pemasangan french pattern adalah Batu Palimanan, Batu Candi, Batu Andesit, Batu Paras Putih Jogja dan Batu Paras Krem Jogja.

Satu pola french pattern yang ditampilkan diatas memiliki luas 0.5 m2 per pola/pattern artinya untuk luasan 1 m2 kita membutuhkan 2 pattern. Lalu akan menjadi pertanyaan bagaimana memasangnya dengan bentuk pattern/pola yang tidak persegi ini?. Mudah saja, lakukan saja penyesuaian bentuk dengan pasangan batu tambahan untuk sekitar pinggirannya.

Pola french pattern juga dapat dilakukan dengan memadukan berbagai jenis batu sehingga memiliki warna yang lebih kaya. Misal nya dengan menggunakan jenis batu yang berbeda pada 4 ukuran sebagai berikut:
- 20×30 cm: menggunakan batu candi
- 20×20 cm: menggunakan batu paras jogja putih
- 10×20 cm: menggunakan batu paras jogja krem
- 10×10 cm: menggunakan batu andesit abu-abu

Selamat Mencoba…

Jika anda ingin konsultasi gratis tentang tips diatas dan ingin mendapatkan harga batu alam untuk dinding murah dengan harga pabrik silahkan Hubungi kami di Hotline 0231 8494301 atau 0815 7857 5809 (Willy Setiawan). Pin BB: 2205EE9B.

Share on Facebook
Post to Google Buzz

 

4 Comments

  • HT Oei

    Kalau batu paras Yogya putih apa bisa dipakai untuk outdoor (kehujanan/kepanasan) ?

    • adminjba

      Dear Pak HT Oei,

      Batu paras sangat dianjurkan untuk dalam ruangan karena cepat terkena lumut, untuk outdoor dapat menggunakan batu palimanan putih krn struktur nya yg lebih keras. Itu pun harus menggunakan coating (cat pelapis batu alam). Umumnya coating bisa bertahan sampai 2 thn. Semoga bermanfaat

  • Mei

    Mohon bantuan, cara pasang satu buah batu palimanan putih ukuran 20 x 30 cm di dinding bata.
    Apakah bisa langsung diatas bata atau batanya harus dilapis dulu (render).
    Bahan apa yg dipakai untuk memasang batu ini? Terima kasih

  • Tony

    Untuk produk gambar diatas berikut pemasangan untuk ukuran 20 m2, kalau boleh tahu berapa harganya pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*